Tips Memilih Nama Domain Yng Baik Buat Website Anda

By | November 16, 2015

Bagi anda seorang pebisnis online ataupun seorang blogger profesional, mempunyai sebuah website dengan nama domain yang unik adalah sesuatu yg anda inginkan karena menjadi identitas anda dan website anda. Banyak dialog online yang berbicara mengenai bagaimana cara memilih dan membeli domain yang baik buat sebuah website. Tetapi tunggu dulu, sebenarnya apa sih pengertian domain tersebut? Berikut ini adalah pengertian domain dari wikipedia:

Bikin BlogDomain yaitu penamaan unik yang disediakan untuk mengidentifikasi nama server komputer semacam web server ataupun email server pada koneksi komputer atau internet. Kegunaan Domain ialah agar mempermudah pengunjung di internet pada saat melakukan hubungan ke server, selain itu juga dipakai untuk mengenali nama server yg diakses tanpa perlu mengenal deretan angka yang rumit yg disebut sebagai Internet protocol address. Nama domain itu juga dinamai sebagai sebuah kesatuan dari sebuah website misalnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Tapi sebelum membeli domain sebaiknya anda belajar membuat blog banyak sekali artikel untuk anda baca yang umumnya berisi tentang tips ngeblog biar sukses! gimana cara bikin blog? dimana bikin blog? berapa biayanya bikin blog? apa sih untungnya kita ngeblog itu?.

Jasa SEOAtau terlebih dahulu lalu tahu seperti apa cara membuat tampilan website supaya menarik baca juga beragam tips memilih untuk menentukan tampilan website supaya lebih menarik atau menonton video tentang tips memilih tampilan desain website agar website anda tampil lebih menarik minat untuk membeli ini penting adanya.

Karena tanpa kedua hal itu website atau blog anda tidak terkonsep dengan baik. Barulah setelah itu anda mulai untuk memilih web hosting yang murah dan sesuai dengan CMS yang anda gunakan. Khusus untuk pengguna Joomla! dan WordPress sebaiknya mencari hosting vendor terbaik untuk WordPress dan Joomla! agar spesifikasinya cocok dengan CMS anda.

Di bawah ini merupakan beberapa tips membeli nama domain yng baik untuk website anda:

  1. Tentukan nama domain yg sesuai dengan nama kamu maupun bisnis kamu. Apabila anda membuat sebuah website untuk tujuan promosi atau menjual jasa – contohnya menjual jasa SEO dengan keyword jasa SEO – tentunya akan lebih baik kalau anda memilih nama domain yang berhubungan dengan jasa SEO pula. Contoh, umpamanya anda memberikan layanan mendesign website untuk promosi atau menjual jasa pembuatan website saya kira yang pantasnya untuk domain anda adalah jasapembuatanwebsite.com atau bila anda memiliki usaha dibidang penjualan paket wisata ke Pulau Tidung maka alangkah baiknya anda memilih domain: pulautidung.com | paketpulautidung.com | wisatapulautidung.com | dan lain-lain. Seharusnya anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain, saya sarankan agar domain yang anda pilih mengandung keyword niche bisnis anda, memiliki penelusuran yg agak banyak di search engine, dan kompetisi keywordnya tidak terlalu sulit. Pakailah support Google Adwords: Keyword Tools Google Keyword Planner untuk memudahkan anda memperoleh keyword yang cocok untuk nama domain anda. Kemudian bila anda membuat website, maka sebaiknya anda memakai nama anda ataupun nama panggilan anda sebagai domain, misalnya jbsgroup.xyz.
  2. Beli nama domain untuk website yang paling mudah di ucapkan dan yang paling mudah untuk diingat – Saat kita memberitahu orang lain tentang nama domain kita secara verbal – misalnya adalah tatkala menyebutkan nama domain kita melalui percakapan ditelepon – nama domain yg panjang apalagi sukar untuk dimengerti pasti akan sulit diingat bahkan dapat membikin bingung orang lainnya.
  3. Sebaiknya anda menggunakan TLD atau Top Level Domain berekstensi dot com tuk nama domain anda. TLD .com adalah eksetensi domain yg paling mudah diingat orang. Misalnya ketika ada domain dengan kata yang sama – contohnya parfum original – biasanya orang bakal mencoba membuka situs berekstensi dot com dulu..
  4. Mohon jgn sekalipun menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs anda dan pastinya image anda sendiri. Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bilamana domain anda mengandung kata-kata yang mengandung SARA, hal ini boleh menyebabkan website anda diblacklist oleh mesin pencari, yang kemudian akan mempengaruhi pada banyaknya visitor website anda.
  5. Usahakanlah untuk menghindari penambahan kata atau karakter huruf yng tidak diperlukan didalam penamaan domain kita. Contohnya menggunakan “dashed” (-/Min) atau angka, dan karakter huruf tambahan – sebab hal ini mampu berpengaruh pada kekuatan SEO sebuah website. Namun bila benar-benar harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya anda memakai tanda minus (-).
  6. Jangan memilih nama domain yang telah menjadi merek dagang, misalnya: amazon.com, jangan sekalipun berpikir untuk membeli domain yang menyerupai akan domain tersebut karena saya yakin besar anda bakal dipekarakan oleh perusahaan pemilik merek dagang.
  7. Membeli domain hanya dari registrant nan terkemuka dengan harga terjangkau. Satu registrant domain yang kerap saya gunakan adalah Namecheap.com, selain harganya murah fasilitasnya juga sangat menguntungkan. Namecheap menawarkan harga domain standart kira kira $10 per domain untuk tahun – akan lebih murah lagi apabila anda memiliki kupon diskon. Selain itu mereka pun menyediakan layanan whois guard dengan cuma-cuma hanya pada tahun pertama, sedangkan untuk registrant lain lazimnya akan dikenakan biaya.