Kalian Berbisnis Kuliner Tradisional? Ikuti Tips Ini

By | September 17, 2016

Kini kuliner tradisional tak lagi kalah saing pada kuliner dari mancanegara. Di setiap penjuru kota tidak sedikit bisa dijumpai restoran, café ataupun toko kaki lima yang menonjolkan kuliner tradisional. Tak heran mendapatkan kerak telor, dawet, nasi minang terasa sedikit mudah daripada dulu.

Dengan makin banyaknya bisnis kuliner tradisional, maka level persaingannya juga lumayan tinggi. Tak seluruh pebisnis kuliner sukses sebab ada juga yang mendapati kebangkrutan lantaran salah strategi.

Kalau kalian punya minat tuk membuat bisnis kuliner tradisional, lalu berani bersaing adalah satu dari beberapa modal yang sangat penting. Bukan hanya itu saja, kalian diharapkan dapat mempunyai terobosan yang memungkinkan bisnis kuliner kalian menarik dibanding yang lain.

Berikut ada enam tips yang bisa kalian ikuti agar usaha kuliner tradisional kalian sukses.

Gencar Berpromosi

Promosi adalah salah satu cara supaya usaha kuliner tradisional kalian diketahui orang. Banyaknya jejaring sosial dapat kalian gunakan tuk memperkenalkan masakan tradisional andalan. Jangan ragu pasang foto masakan di facebook ataupun instagram tuk membuat orang berminat datang ke tempat makan milik kalian itu.

Kalau perlu sekali-kali undang teman serta rekan kerja tuk makan di lokasi kalian. Jika mereka puas, umumnya mereka pasti menjalankan promosi kepada teman-teman lain. Jangan keliru, promosi dari antar mulut umumnya setingkat lebih efektif loh.

Pertahankan Ciri Khas

Bagian hal menarik dari makanan tradisional yakni mempunyai ciri khas. Entah itu dari hal tampilan kuliner, rasa ataupun tempat menikmatinya.

Ciptakan ciri istimewa dari bisnis restoran yang kalian geluti. Semisal kalau kalian membuka bisnis kuliner masakan Sunda, belum ada salahnya memberi hiasan ataupun ornamen yang berkaitan dengan asal makanan yang kalian jual. Entah itu juga menambah musik tradisional yang menjadikan pengunjung kerasan dan ingin datang lagi.

Meminta Masukan Pelanggan

Saat kalian membangun restoran diluar daerah asal, so tantangan yang kalian alami ialah mendapat rasa kuliner yang pas dan cocok pada daerah asal. Jika sudah begitu kalian harus rajin minta masukan dari pengunjung tuk mendapat rasa yang otentik serta penyajian yang mirip dengan daerah asal makanan tersebut. Disamping masukan pengunjung, kalian pun musti berani mengkombinasikan menu makanan kalian dengan kreativitas yang kalian punya.

Bersaing Secara Sehat

Jangan pernah takut tuk bersaing sesama pebisnis kuliner serupa. Disamping bersaing secara sehat,  alangkah bagusnya menjalin kerja sama pada mereka. Jika sesama pebisnis makanan tradisional bekerja sama, dipastikan adanya kuliner tradisional takkan goyah. Disamping itu para pengunjung pun akan memiliki banyak alternatif menu kuliner tradisional. Bila kalian merupakan pebisnis kuliner yang mempunyai menu menarik, lezat dan otentik, kalian tak perlu takut kehilangan pengunjung.

Ramah Kepada Pengunjung

Amat penting tuk menjaga sikap serta perilaku ketika berhadapan pada pengunjung. Makin kalian ramah serta sopan dalam melayani, tambah banyak pengunjung bakal balik lagi ke tempat kalian karena mereka terasa nyaman.

Menjaga Kebersihan

Satu dari beberapa faktor tuk kemajuan bisnis kalian lainnya ialah masalah kebersihan. Perkirakan tempat usaha kalian senantiasa bersih dan masakan yang disajikan pun memenuhi dari standar kebersihan. Umumnya pengunjung pasti balik ke restoran bersih walaupun dari sisi rasa tak begitu enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.