Subdomain Atau Subfolder Untuk SEO Baik?

By | January 30, 2017

Subdomain Atau Subfolder Untuk SEO Baik? Ada permasalahan yang berasal dari kawan dekat admin dan menanyakan mengenai suatu hal yang barangkali juga banyak dipikirkan oleh seluruh praktisi SEO pemula. Sy punya pertanyaan berhubungan dengan seo bukalapak, tokopedia ya. Mengapa mereka memakai blognya itu di subdomain, kenapa ga subfolder? Mengapa pake ‘blog.bukalapak.com (subdomain)’, mengapa ga pake ‘bukalapak.com/blog (subfolder)’. Balas pesan singkat serta sy mau tahu opini dari orang sepertimu.

Jawaban

Pertama yang harus diketahui, Google beranggapan subdomain sebagai website yang berbeda dengan website utamanya. Subdomain ditunjuk berdiri sendiri, tapi subfolder dianggap sebuah kesatuan website (web yang serupa).

Contoh:

Subdomain mail.google.com dengan domain utamanya google.com ditunjuk Google website berbeda. Akan tetapi, Subfolder google.com/mail dengan domain utama google.com disebut Google website yang sama. Untuk menyajikan hasil pencarian terbaik, kini Google pula melihat format website. Toko online, forum, blog ataupun website yang lain.

Keyword yang memiliki unsur pembelian atau jualan misalnya:

  1. Jual Pakaian Muslim
  2. Toko handphone
  3. Beli baju
  4. dll

Google lebih mengedepankan website dengan rupa toko online (cek di laman pencarian Google). Tapi untuk keyword informasi, tutorial lalu sejenisnya, Google mengedepankan website dengan format blog. Mungkin itu yang jadi alasan mereka, yakni hendak mengoptimasi keyword jualan pada domain utama berbentuk Toko Online serta optimasi keyword informasi dengan format website Blog. Baca juga artikel lainnya yang berjudul Jasa Pembuatan Website di blog tercinta anda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.